INTERVENTION

Ada penggemar serial “How I Met Your Mother?” disini?

Kalau penggemar serial mengenai ‘Disfungsional Friendship’ itu, pasti tak asing dengan istilah “INTERVENTION”.

INTERVENTION itu adalah cara kelompok teman yang bersepakat untuk memberitahukan salah satu teman mereka, bahwa mereka terganggu dengan kebiasaan buruk si orang yang sedang di intervensi tersebut, dan meminta orang tersebut menghentikan kebiasaan buruk mereka , sembari mereka menuliskan testimoni mengenai betapa terganggu nya mereka dengan kebiasaan buruk tersebut. Biasanya disertai dengan menggelar spanduk putih panjang.

gue, baru saja mendapatkan “Intervention” ini, memang sih tidak se-persis yang dilakukan oleh gang “How i Met Your Mother”, tapi inti nya sama lah. Jadi beberapa teman gw, mengatakan ke gue langsung bahwa, ada beberapa sifat dan perilaku gw akhir-akhir ini yang mereka kurang suka. which is itu adalah kebiasaan gw, joking about salah satu mantan pacar mereka dan kecenderungan gw yang terlalu “religius” saat ber ‘Blackberry’ an.

sesungguhnya, gw sih senang saja di katakan langsung begini mengenai kekurangan gw, jadi fair saja. Tidak ada yang main omong-omongan dibelakang. Walau sesungguhnya gw bingung, kalau soal joking tentang mantan, itu sesungguhnya hanya Joke, dan tidak ada niat serius. Tapi jika memang joke nya tidak berkenan, iya gw minta maaf. Walau kadang itu membuat gw jadi berpikir, sepertinya mereka selama ini, tidak benar-benar kenal dengan gw?

Soal terlalu “religius” saat ber-blackberry, gw harus akuin, ini memang benar, sejak punya BB, ada beberapa hal yang sedikit berubah dari gw, jadi tidak fokus, kalau diajak ngobrol mata melihat BB terus, lalu men-cuekin orang-orang yang sedang kumpul bersama-sama. Tapi bagaimana ya, terkadang ini tipe kesalahan yang gw tidak sadar melakukan nya, seperti alam bawah sadar gw yang membuat gw pikiran nya fokus ke “BB”.

Terlalu fokus ke BB itu, seperti ‘kebelet boker’ menurut gw. Saat elo kebelet boker, elo kadang tidak bisa berpikir apa-apa selain pergi ke WC, iya kan? kalau kita tahan pasti, pikiran kita tidak konsen dan tidak fokus. Bahkan gw yakin. kita sebagai Generasi masa kini harus punya motto “Do Not Under Estimate The Power of Kebelet Boker”, karena gw yakin, Obama kalau kebelet boker pasti tidak mungkin bisa membuat pidato-pidato nya yang dahsyat itu atau Mozart bila kebelet boker pasti tidak akan bisa membuat Arangement musik yang maha dahsyat itu, begitu juga orang-orang hebat lain nya. mungkin hanya TOTO yang saat kebelet boker, bisa tetap berpikir keras dan akhirnya dia menciptakan WC. (emang penemu WC itu TOTO ya? gak tau lah, yang pasti penemu WC bukan Robert Pispot, karena dia itu penemu “Pispot” #Abaikan)

Diatas segalanya, atas kesalahan-kesalahan itu, gw sudah meminta maaf, pada mereka, dan memutuskan untuk tidak bertemu mereka selama beberapa hari ini untuk instropeksi.

Pengalaman di-intervensi ini membuat gw berpikir sebenarnya, apakah memang sebegitu banyak nya kesalahan yang gw buat, sehingga gw harus merubah menjadi benar-benar “lempeng”. Saat tulisan ini dibuat, gw baru putus dari pacar gw, dan itu pun sepertinya salah gw. Di kerjaan juga kadang gw buat salah, yang seperti membuat gw merasa, ini salah gw. Juga kadang di keluarga dan kini di pertemanan.

gw jadi ingat masa-masa gw SMP, SMU dan juga Kuliah-kuliah awal, dimana gw sangat diam sekali, hal itu lebih disebabkan karena ketakutan gw untuk berbuat salah, entah salah ngomong atau salah perbuatan. Benar-benar tak mau ambil resiko dan cari aman sekali. Yang penting di cap baik sama semua orang. Memang si aman, tapi pada akhir nya gw merasa hidup gw stagnan dan tidak seru sama sekali. Sehingga gw pun memutuskan untuk lebih membuka diri, lebih percaya diri dan lebih “berisik”. Tapi ya itu, kadang hal itu bisa menimbulkan hal-hal yang seperti ini. terbentur ketidak cocokan dengan orang lain. Walau gw sudah mengontrol nya dengan amat sangat ya, seperti harus berisik dengan siapa, kalem dengan siapa, bersama teman harus bagaimana, bersama pacar juga bagaimana or di kantor bagaimana.

Tapi ya, pada akhirnya gw hanya manusia yang punya cacat dan cela dan juga punya sifat dasar yang susah dirubah, tapi memang harus dibatasi. “Maaf” hanya itu yang bisa gw katakan.

di akhir post blog ini, gw hanya ingin mengajukan pertanyaan ini pada diri gw sendiri,

APAKAH GUE JUGA AKAN MELAKUKAN INTERVENSI PADA TEMAN OR SIAPAPUN YANG MENURUT ELO, PUNYA TINGKAH ATAU PERILAKU YANG SEKIRA NYA MENGGANGU?

Jawaban gue, Tergantung. Dia sampai menyakiti gue dan harga diri gue tidak? , kalau tidak sampai menyakiti diri gue dan harga diri gue, gw tidak akan meng-intervensi, gw hanya akan menganggap nya sebagai bagian dari dinamika sifat manusia yang memiliki kekurangan dan kelebihan.

Apakah di pertemanan yang meng-Intervensi gw itu, mereka tidak punya perilaku yang “menganggu”?

gw rasa ada, tapi gw berusaha menerima nya dan menganggap nya sebagai bagian dari karakter mereka saja, dan kadang gw merasa minoritas di beberapa kelompok pertemanan yang menyertakan gw didalam nya, jadi pendapat gw mungkin point-less.

di pekerjaan, keluarga, percintaan juga ada sifat dan perilaku orang-orang terhadap gw or perilaku pribadi mereka, yang gw anggap, menganggu, tapi buat gw bukan masalah besar, karena gw berusaha menerima mereka apa adanya, selama masih wajar ya.

So, Intervention..

bentuk perhatian? ,

atau hanya cara menunjukkan bahwa gw si benar dan elo si salah?

atau menunjukkan siapa orang yang mengenal elo dengan benar atau tidak sama sekali?

atau mungkin, karena gw si selalu salah, yang bisa di intervensi karena kesalahan gw, tapi seakan tidak punya kekuatan untuk men-intervensi balik orang yang juga punya kesalahan?

hmm.. I Will Always Think Positive..🙂

Saat The Gang sedang meng intervensi Barney

Saat The Gang sedang meng intervensi Barney

 

Support Machine :)

Ditulis dalam Merenung, Modified by a true Dialog, Random Story
One comment on “INTERVENTION
  1. Tria Noviyani mengatakan:

    just love it..:) sambil baca ini sambil dgr lagu nyp alm om jacko yg man in the mirror rasanya pas
    because , in the end we’re only human and we can’t be perfect
    jadi sesama manusia, ga ada salahnya untuk saling mengingatkan tanpa harus membuat pihak lain merasa menjadi yg palig buruk dan paling salah, karena kebenaran dan kesempurnaan hanya milik sang Khalik, pencipta semesta O:)
    angkat 4 jempol buat kata2 dipenutup blog >> I WILL ALWAYS THINK POSITIVE

Tinggalkan Balasan

Tanggalan
Oktober 2011
S S R K J S M
« Mei   Nov »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

