Tips Menyebrang Jalan yang Baik dan Benar

Jangan pernah menggangap remeh menyebrang jalan, karena menyebrang jalan sesungguhnya adalah hal sepele namun bisa berakibat fatal jika kita coba-coba untuk meremehkannya.

Oleh karena itu dalam posting blog kali ini saya mencoba membagi beberapa tips cara menyebrang jalan yang baik dan benar.

1. FOKUS

Fokus dalam menyebrang jalan itu terutama harus dilakukan sesaat sebelum menyebrang jalan namun juga harus dilakukan saat menyebrang jalan. Fokus sebelum menyebrang jalan itu terbagi dalam 2 aspek, yaitu:

  • Fokus pada tujuan yang akan kita tuju saat menyebrang : Pada saat kita akan menyebrang jalan kita harus fokus pada tujuan kita saat menyebrang, sejenak lupakan dulu lah hal-hal lain seperti ; apakah kita mau terlambat kantor, telepon (sms, bbm, twitter, dsb) masalah di rumah dll, fokus lah pada tujuan kita menyebrang sejenak.
  • Fokus pada ancaman yang bisa kita dapat saat kita mau menyebrang : Ancaman terbesar saat kita mau menyebrang biasanya adalah kendaraan yang lalu lalang, baik itu mobil, motor, kendaraan umum atau sepeda tukang somay. Jadi setiap kamu menyebrang, misalnya ingin menyebrang di Kp.Melayu tanamkan di pikiran kamu “Ayo nyebrang jalan-nya hati-hati, diserempet mikrolet M-01 itu nggak ada keren-keren nya loh”, atau di tempat lain juga seperti itu, tinggal kamu ganti saja kata “Mikrolet M-01” dengan ancaman menyebrang paling berbahaya di tempat kamu menyebrang.

2. KONTAK MATA DAN PERMAINAN TANGAN

Kontak mata dan permainan tangan ini dalam teori menyebrang jalan masuk dalam kategori “Sign” atau “Tanda”. Sign atau tanda ini penting untuk “memberi tahu” kepada kendaraan yang lalu lalang bahwasanya kita itu mau menyebrang jalan. Selain itu, dengan kontak mata kita juga bisa mengetahui apakah kendaraan itu mengijinkan kita menyebrang atau justru tidak mengijinkan (biasanya kita bisa tahu dia tidak memberi ijin, karena kita melihat dia tidak memperlambat laju kendaraan-nya atau kendaraan tersebut memberi kode lampu dim), namun penting diberitahukan disini, saat kamu memberi kontak mata kepada pengemudi, tolong jangan sambil kedip-kedip mata, takutnya nanti kamu dikira naksir atau paling sial kamu dikira cacingan lalu nantinya kamu ditimpuk combantrin.

Untuk permainan tangan, yang paling sering dan aman untuk digunakan adalah dengan memberi tangan 5 jari seperti mengajak tos, karena jika kita memberi tanda semacam itu biasanya pengemudi sudah mengerti kalau itu adalah tanda kita mau menyebrang dan meminta si kendaraan untuk berhenti atau memperlambat laju kendaraan-nya. Namun jangan sekali-kali mencoba memberi kode tangan dikepal atau mengacungkan jari tengah saat menyebrang, nanti yang ada malah kamu ditabrak.

3. BERANI DAN YAKIN MELANGKAH

Tips ketiga ini, bisa dibilang krusial. Jadi, jika kita sudah fokus dan sudah memberi kontak mata dan kode tangan, hal terpenting selanjutnya yang harus kita lakukan adalah jangan takut untuk melangkah dan harus penuh keyakinan.

Saat menyebrang jalan, jika kita mengambil pengandaian nama dansa, kita tidak boleh menyebrang dengan gaya “Poco-Poco”, yaitu menyebrang dengan mengambil langkah maju 2 langkah, terus mundur lagi, lalu ke kanan, ke kiri, maju lagi lalu mundur lagi, dalam menyebrang tidak boleh seperti itu.

Dalam menyebrang kita harus memakai gaya ala tentara, melangkah selangkah demi selangkah namun dengan pasti dan jika memang harus berhenti sejenak juga harus dilakukan dengan yakin. Mengapa hal ini penting, karena langkah kita ini selain mempengaruhi perjalanan kita dalam menyebrang juga mempengaruhi psikologi pengendara kendaraan yang lalu lalang, karena mereka bisa bingung melihat langkah menyebrang kita.

Dalam beberapa situasi (terutama wanita-wanita yang menyebrang jalan ramai-ramai), tolong kalau menyebrang jalan jangan sambil ketawa-ketawa, ingat kamu itu di jalanan bukan di studio Trans TV nonton OVJ. Selain itu, jika kamu dalam menyebrang jalan ingin menggunakan gaya seperti “Gangnam Style” juga tidak masalah asal harus melangkahnya dengan yakin dan hati-hati juga harus siap-siap menerima resiko saat kamu sudah selesai menyebrang jalan lalu di teriakin anak-anak kampung “orang gila… orang gila…”

Dan sedikit hal tambahan yang harus diperhatikan adalah, bahwa tips-tips diatas tidak berlaku setidaknya dalam 2 kondisi.

a. Di sekitar kamu ada jembatan penyebrangan : Kalau disekitarmu ada jembatan penyebrangan, sebaiknya gunakanlah jembatan penyebrangan yang jauh lebih aman

b. Tips ini tidak berlaku kalau kamu ingin menyebrang di jalan tol, karena kalau kamu ingin menggunakan tips-tips diatas untuk menyebrang di jalan tol, maka judul blog ini akan saya ganti menjadi “Tips Bunuh Diri dengan Baik dan Benar”

Demikian tips menyebrang jalan-nya semoga berguna dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-harinya.

Ngomong-ngomong, tips menyebrang jalan ini kalau dipikir-pikir bisa digunakan juga lo kalau kamu mau PDKT sama gebetan kamu. Perhatikan ya…

1. FOKUS : Sebaiknya dalam PDKT, fokus lah pada 1 orang, jangan jadi orang yang terlalu banyak yang di-PDKT-in tapi tidak ada yang di-fokus-kan. Selain itu, seperti halnya menyebrang jalan kita juga harus fokus dengan ancaman yang bisa mengenai kita saat sedang PDKT, jadi saat PDKT dengan gebetan tanamkan ini di pikiran kamu “Gw harus serius PDKT sama dia, kalau tidak dia bisa diambil orang lain” atau “Gw harus serius PDKT sama dia, kalau tidak gw jomblo lagi” atau dalam skala yang lebih serius “Gw harus serius PDKT sama dia, kalau tidak gw kehilangan sosok sempurna untuk menjadi ibu atau ayah dari anak-anak gw” dll

2. KONTAK MATA DAN PERMAINAN TANGAN : Memang sih, kalau masih PDKT tidak dianjurkan ada permainan tangan, tapi untuk kontak mata itu perlu dan penting loh. Karena dengan melakukan kontak mata itu seakan memberi tanda ke sang gebetan kalau kamu itu serius PDKT dengan dia, selain itu kontak mata bisa menjadi tanda penunjuk kalau kamu perhatian dengan si gebetan kamu itu, karena dengan melihat ke mata gebetan kamu, secara tidak langsung kamu juga sudah melihat ke dalam hati nya. Sadis!

Nah, jika kamu merasa sudah agak nyaman, boleh tuh kamu coba melakukan sedikit permainan tangan, setidaknya untuk sekedar menggandeng tangan atau membelai dada rambut gebetan kamu. Biasanya sih, kalau dia tidak melakukan penolakan saat kamu melakukan hal tersebut itu berarti lampu hijau tuh di hubungan kamu.

3. BERANI DAN YAKIN MELANGKAH : Dalam PDKT, ini fase yang sangat penting. Kamu harus berani dan yakin saat ingin menyatakan perasaan kamu pada sang gebetan dan melangkah dalam hubungan yang jauh lebih serius. Jangan ragu-ragu dan jangan takut apalagi kalau kamu sudah mencintai gebetan kamu itu, karena sejatinya cinta itu hanya layak diberikan pada orang-orang yang yakin dan percaya pada kekuatan cinta-nya dan berani melakukan apapun demi sesuatu yang dicintainya tersebut.

Bagaimana… betul kan, tips menyebrang jalan bisa digunakan dalam tips saat PDKT ?! Tidak terlalu mengejutkan sih sebenarnya, karena sesungguhnya PDKT itu juga adalah sebuah proses “penyebrangan”, tepatnya sebuah proses untuk “menyebrangkan” sebuah perasaan dari satu hati ke hati yang lain.

Have a nice day, good fellas.🙂

Support Machine :)

Ditulis dalam Merenung, Random Story

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Tanggalan
April 2013
S S R K J S M
« Mar   Jun »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

%d blogger menyukai ini: