Congratulation Penguin !

Beberapa minggu lalu gw menghadiri pernikahan seorang teman, namun pernikahan yang gw hadiri kali ini sedikit lebih spesial. Kenapa ? Karena penikahan ini adalah pernikahan kedua teman gw. Gw memiliki beberapa teman (tidak banyak kok) yang kurang beruntung di pernikahannya sehingga harus bercerai, tapi baru kali ini gw menghadiri pernikahan kedua teman gw, setelah pernikahan pertamanya kandas.

Berhubung gw adalah orang yang cukup iseng, di pernikahan kedua dia ini gw memutuskan memakai baju batik yang sama dengan ketika gw hadir di pernikahan dia yang pertama, alasannya simpel :

Bentuk sindiran aja ke dia, dengan seolah-olah berkata “Di tiap pernikahan elo (semoga cukup 2 kali), gw akan memakai batik yang sama, karena pada akhirnya berapa kalipun elo menikah, buat gw sama aja, jika elo masih mengulang kesalahan yang sama dari pernikahan sebelumnya.” (Ya, kurang lebih gw tahu lah kenapa dia cerai).

Selain batik yang sama yang gw kenakan, ternyata ada satu hal lagi yang sama dengan pernikahan pertamanya di pernikahan ini, yaitu kembali ada sepasang burung merpati di pernikahan yo!

Gw ingat banget di pernikahan dia yang pertama, yang ber-tema garden party, kedua mempelai menerbangkan sepasang burung merpati ke angkasa. Mungkin sebagai simbolisme kalau kedua mempelai siap untuk mengarungi dunia pernikahan yang luas dan penuh tantangan bersama-sama. Well, pada akhirnya mereka bercerai, apakah mungkin karena sepasang merpati yang mereka terbangkan saat itu juga pada akhirnya terbang terpisah ? Yang jantan nyangsang ke atap bar, yang betina nyangsang ke atap rumah Joe Taslim. Entahlah.

Di pernikahan keduanya, teman gw ini, entah kenapa, kembali menyertakan sepasang burung merpati, namun kali ini sepasang burung merpati itu ditaruh anteng di dalam kandang yang ditempatkan persis di dekat pintu masuk. Tidak tahu maksudnya apa, mungkin di pernikahan kali ini dia berharap supaya sebagai pasangan mereka selalu bersama, tak pernah terpisah satu sama lain. Mungkin.

AWAS AJA LOE, KALO ENTAR CERAI KARENA ALASANNYA BOSEN !!!

Tapi, gw sebagai teman benar-benar mendoakan semoga ini adalah pernikahan terakhir teman gw ini. Diluar segala baik buruk nya, gw yakin dan percaya dia seorang yang bertanggung jawab dan ingin berusaha memberikan yang terbaik bagi dirinya serta keluarganya.

Sebagai orang yang menyukai analogi dan simbolisme, gw senang-senang aja sih dengan gimmick menyertakan hewan dalam seremonial pernikahan, tapi entah kenapa gw tidak terlalu yakin kalau merpati adalah hewan yang tepat.

Jika memang mau menyertakan hewan sebagai simbolisme positif yang bermakna harapan pada sebuah pernikahan, sebaiknya hewan yang disertakan dalam kegiatan seremonial pernikahan adalah PENGUIN !

Kenapa penguin ? Here are some facts about penguins.

1. Penguin termasuk binatang yang setia terhadap pasangannya. Sekali menemukan pasangan, mereka tidak akan berpisah hingga salah satunya mati.

2. Penguin jantan bertugas mengurus telur dan melindungi dari cuaca dingin dengan menempatkannya pada kaki mereka. Penguin jantan berdiri dalam posisi seperti itu selama hampir dua bulan tanpa makanan. Saat itu, penguin betina biasanya sedang pergi berburu makanan untuk dirinya sendiri serta untuk anak penguin yang masih muda. Setelah itu, penguin jantan meninggalkan anak dalam perawatan induknya untuk berburu makanan buat dirinya sendiri.

Dua fakta tersebut dengan sendirinya memberitahukan bahwa betapa penguin adalah hewan yang dapat menjadi suri tauladan dalam kehidupan pernikahan manusia sekalipun. Fakta pertama, menunjukkan kalau mereka adalah hewan yang sangat setia, fakta yang kedua menunjukkan kalau penguin adalah hewan yang selalu bahu-membahu dan bekerja sama dengan pasangannya.

Gw belum pernah menikah dan gw tahu betapa banyak nasihat pernikahan langgeng yang diberikan diluar sana, tapi jika tiap pasangan menikah memiliki dua aspek saja, seperti yang dimiliki para penguin, yaitu: Setia dan Selalu Bekerja Keras Saling Membantu Dengan Pasangan. Gw rasa kehidupan pernikahan siapapun akan berjalan baik.

Ya anyway, diluar segala pemaknaan simbolis nya, gw tahu sangatlah sulit buat menyertakan penguin dalam sebuah acara pernikahan, apalagi di Indonesia. Tapi ya, buat gw penguin adalah hewan yang tepat sebagai simbolisme di sebuah acara pernikahan.

Sepasang Penguin Bersama Anak-Anaknya (Pic : bigtravelweb.com)

Sepasang Penguin Bersama Anak-Anaknya
(Pic : bigtravelweb.com)

Meski begitu, gw tahu akan ada penguin di salah satu pernikahan di akhir bulan ini. Bukan… bukan penguin dalam bentuk hewan, melainkan seorang wanita yang gw sebut sebagai penguin, karena penguin adalah hewan kesukaannya. So, yeah… for me she’s the penguin, the special one.

Akhir bulan November 2014 ini, wanita yang gw sebut sebagai penguin ini akan menjalani pernikahannya, i only wish her nothing but the best for the marriage. Dan pesan yang bisa gw sampaikan buatnya mungkin hanya: “jadilah seperti penguin-penguin yang lain”, by its mean, mengulang dari yang sudah gw tulis diatas:

Here’s the fact about penguins.

1. Penguin termasuk binatang yang setia terhadap pasangannya. Sekali menemukan pasangan, mereka tidak akan berpisah hingga salah satunya mati.

2. Penguin jantan bertugas mengurus telur dan melindungi dari cuaca dingin dengan menempatkannya pada kaki mereka. Penguin jantan berdiri dalam posisi seperti itu selama hampir dua bulan tanpa makanan. Saat itu, penguin betina biasanya sedang pergi berburu makanan untuk dirinya sendiri serta untuk anak penguin yang masih muda. Setelah itu, penguin jantan meninggalkan anak dalam perawatan induknya untuk berburu makanan buat dirinya sendiri.

Dua fakta tersebut dengan sendirinya memberitahukan bahwa betapa penguin adalah hewan yang dapat menjadi suri tauladan dalam kehidupan pernikahan. Fakta pertama, menunjukkan kalau mereka adalah hewan yang sangat setia, fakta yang kedua menunjukkan kalau penguin adalah hewan yang selalu bahu-membahu dan bekerja sama dengan pasangannya.

Gw belum pernah menikah dan gw tahu betapa banyak nasihat pernikahan langgeng yang diberikan diluar sana, tapi jika tiap pasangan menikah memiliki dua aspek saja, seperti yang dimiliki para penguin, yaitu: Setia dan Selalu Bekerja Keras Saling Membantu Dengan Pasangannya. Gw rasa kehidupan pernikahan siapapun akan berjalan baik.

So, selamat berbahagialah untuk pernikahan mu dan semoga langgeng sampai akhir hayat.πŸ™‚

Sebagai tambahan, ada satu fakta tentang penguin lagi yang ingin gw bagi:

Penguin sangat sosial, terlihat dari mereka yang membentuk koloni yang bisa berjumlah hingga puluhan ribu ekor dalam satu koloni. Mereka mungkin menggunakan tempat bertelur yang sama selama ribuan tahun. Ibu penguin tidak pernah kehilangan anaknya dalam koloni karena mereka menggunakan pendengaran mereka yang luar biasa untuk dengan mudah melacak satu sama lain.
Melihat fakta tersebut, dapat dikatakan, penguin betina adalah ibu yang luar biasa bagi anak-anaknya. So, for you. Be that kind of wonderful mom too.
Congratulation Penguin !πŸ™‚
Penguin And Wedding

Penguin And Wedding


berbagai sumber fakta tentang penguin diambil dari:

Support Machine :)

Ditulis dalam Merenung, Teman-teman
2 comments on “Congratulation Penguin !
  1. rurisiruri mengatakan:

    Nice writing, and may the penguin lives happily ever after!πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Tanggalan
November 2014
S S R K J S M
« Agu   Feb »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

