Path Need This >> d-(^_^)-b

Pernahkah kalian berada dalam situasi ingin memberi emoticon pada momen Path temanmu, tapi akhirnya menyadari kalau dari 5 emoticon yang tersedia (Love, Laugh, Smile, Gasp dan Frown) tidak ada yang sesuai dengan momen tersebut ?

Pasti pernah dong ya, dan mungkin kamu merasa hal itu dapat diatasi dengan simply ‘yaudah di komen aja’ atau ‘kasih gambar emoji yang bisa dimasukkan ke komen aja’, ya memang benar sih, tapi ada sensasi yang berbeda antara memberi komen dengan cukup memberi emoticon saja. Setidaknya, memberi emoticon itu lebih cepat, bahkan lebih enak jika kita tak terlalu akrab dengan si teman Path ini dan pastinya dengan tidak memasukkan apapun di kolom komen kita terhindar dari notifikasi komen-komen setelah kita yang beberapa mungkin orang yang tak kita kenal.

Gw pun cukup sering berada di situasi seperti itu, terakhir beberapa hari yang lalu saat teman gw jaman SMP, mem-posting foto yang menunjukkan kalau dirinya baru saja naik jabatan di kantornya. Teman gw ini cukup dekat sebenarnya, jadi sebenarnya kalaupun gw bingung memberi emoticon bisa saja gw komen untuk menyelamati dia, tapi dia ini semacam aktif sekali di Path dan temannya sangat banyak, dan momen-momen yang dia post di Path pasti selalu mendapat banyak komentar walau cuma postingan sleep/awake, tau lah yang kalau post waktu ‘sleep’ di komen: “tumben tidur jam segini, begadang ?” , atau kalau post waktu ‘awake’ di komen: “tumben bangun tidur jam segini, abis begadang ?”, entah siapalah orang-orang ini mengurusi orang begadang atau tidak, padahal tak satupun dari mereka yang namanya Rhoma Irama. Intinya, teman gw ini momen Path nya selalu penuh komen, jadi gw agak enggan memberi komen ke momen dia karena dapat membuat gw menerima banyak notifikasi dari orang-orang yang tak gw kenal yang komen juga ke momen Path dia.

Maka gw pun memutuskan untuk cukup memberi emoticon saja pada momen tentang kenaikan jabatan teman gw ini di kantornya. Akan tetapi… Gw bingung harus memberi emoticon yang mana, karena menurut gw tidak ada emoticon yang benar-benar pas. Akan coba gw jabarkan alasannya per emoticon ya.

emoticon ‘LOVE’ : Gw pada akhirnya memberi emoticon ‘LOVE’ memang pada momen ini, tapi bagi gw memberi emoticon ‘LOVE’ pada momen kenaikan jabatan teman itu agak awkward aja, apalagi teman gw itu sesama cowok. Dan juga emoticon ‘LOVE’ ini bisa menimbulkan semacam misintepretasi, apalagi kalau diberikan pada teman yang berbeda jenis kelamin. Anggaplah teman yang naik jabatan ini cowok, lalu diberi emoticon ‘LOVE’ oleh temannya yang cewek, itu bisa membuat si cowok berpikir “Wah, karena gw naik jabatan nih, jadi dia flirting sama gw”. Iyuuuhhh…

emot love

emoticon ‘LAUGH’ : Kalau memberikan emoticon ini sepertinya seolah-olah menertawakan mengejek perihal kenaikan pangkatnya, seakan-akan dia berkata “Yah elo yang naik pangkat… emang mampu ? Hahahaha”

emot laugh

emoticon ‘SMILE’ : Kalau diberikan emoticon ini jadi terlihat seolah-olah sinis, seakan berkata: “Oh… naik jabatan nih ceritanya, pamer jadinya, selamat yahhh…”

emot smile

emoticon ‘GASP’ : Kalau yang satu ini juga tak elok, jadinya kita seperti kaget dan ngomong “HAH ! KOK BISA ELO NAIK JABATAN !? ELO KAN BEGO ! KALAU JUMLAHIN ANGKA DI EXCEL AJA MASIH PAKE SEMPOA, PADAHAL KAN BISA DI-SUM ! SUM BIMBO (BACA: SAM) !

emot gasp

terakhir,

emoticon ‘FROWN’ : Kecuali yang naik jabatan ini musuh besar elo, yang agak aneh karena kalau musuh besar kenapa temenan di Path atau elo nggak malu menunjukkan ke-sirik-an elo, tak mungkin ada orang yang memberi emoticon ‘FROWN’ ke momen orang baru naik jabatan.

emot frown

Nah, jadi gimana ? Bingung toh. Dan ini solusi dari gw, bahwasanya semua kebingungan ini tak akan terjadi jika Path menambahkan 1 emoticon tambahan yaitu emoticon ‘THUMB UP’. Bukan asal saja gw memberi solusi ini, karena LINE (another social media platform) juga sudah memberikan emoticon semacam ini di section timeline mereka. Dan bukan tanpa alasan dong jika LINE menyediakan emoticon ‘THUMB UP’ ini, setidaknya menurut pendapat pribadi gw hal ini disebabkan karena memang banyak momen / status dll di social media yang cocoknya diberikan ‘THUMB UP’ bukan yang lain termasuk ‘LOVE’.

Setidaknya gw ada beberapa contoh momen yang cocoknya diberi emoticon ‘THUMB UP’ bukan ‘LOVE’ tapi karena emoticon ‘THUMB UP’ belum ada jadi kita berikan ‘LOVE’.

1. Momen seseorang ketika mendapatkan suatu prestasi atau pencapaian tertentu, contohnya ya seperti tadi: Naik jabatan, juara sebuah kompetisi, mendapat hadiah, achieve target di kantor atau se-simpel saat seseorang nembak cewek dan diterima. Hal semacam ini kurang pas diberi emoticon ‘LOVE’ menurut gw, cocoknya diberi emoticon ‘THUMB UP’ karena kita semacam congratulate him/her , atau mengucapkan “good job!”. Walau memang, memberi emoticon ‘LOVE’ bisa saja menjadi wajar dilakukan JIKA orang yang share momen tersebut adalah orang yang dekat dengan kita, atau kita anggap spesial.

2. Momen seseorang ketika “memamerkan” benda atau atribut fisik dan non-fisik yang dia miliki, misalnya seseorang teman memamerkan foto sebuah lemari yang dia buat dengan tangan sendiri dan ternyata hasilnya keren, tentu sebagai teman gw pengen meng-apreciate karya teman gw ini dan ya ‘THUMB UP’ adalah emoticon yang cocok untuk ini, lalu jika ada teman yang memamerkan perut six-pack nya, gw biasanya memilih untuk tidak komen atau memberi emoticon untuk hal semacam ini karena rawan mis-intepretasi tapi jika di Path ada emoticon ‘THUMB UP’ gw sih tak akan segan untuk memberi emoticon ‘THUMB UP’ untuk momen semacam ini.

3. Atau momen ketika cewek yang tidak cantik sedang foto OOTD (Outfit Of The Day) atau juga selfie dengan dandanan dan gaya yang paling maksimal ! Ya mungkin beberapa cowok akan memberikan ‘THUMB UP’ kalau emoticon itu ada daripada ‘LOVE’. Daripada sekarang kan didiemin aja tidak di kasih emoticon apalagi di komen. By the way, ini becanda ya, walau memang hal ini benar-benar dilakukan beberapa pria lho. Tapi ironisnya ya, giliran cewek cantik yang posting momen, mau cuma sleep/awake aja atau tag location di pom bensin doang pasti banyak yang nge ‘LOVE’ in. -___-“

Maka dari semua penjelasan yang sudah gw berikan diatas semoga menjadi bahan pertimbangan dari pihak Path untuk segera menambahkan emoticon ‘THUMB UP’ tentunya selain itu juga memberikan sistem ‘mention’ pada section komen.

Ayo Path, demi kemaslahatan hidup semua pengguna Path, segera tambahkan emoticon ‘THUMB UP’ !!!

emot thumb up

Support Machine :)

Ditulis dalam Komedi Sekitar, Merenung, Observasi Sosial, Teman-teman

Tinggalkan Balasan

Tanggalan
Mei 2015
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

