FC Barcelona vs Athletic Bilbao | Final Copa del Rey 2015

Pasti sudah pada tahu ya, FC Barcelona baru saja menjuarai Copa del Rey tahun 2015 ini, setelah mengalahkan Athletic Bilbao 3-1. Gelar ini adalah gelar Copa del Rey ke-27 untuk Barcelona.

barca copa del rey

Jika ingin melihat highlight cuplikan gol-gol nya bisa dilihat :

Setelah melihat pertandingan tersebut dan bisa juga kalian lihat secuplik dari highlight diatas, gw jadi memiliki beberapa pandangan yang terkait dengan pertandingan ini, sebagai berikut:

1. Lagi-lagi gol ajaib Messi

Lionel Messi kembali membuat gol ajaib pada partai ini dengan melakukan drbble fantastis melewati 4-5 orang pemain Bilbao sebelum akhirnya mencetak gol. Tak perlu banyak kata lah untuk menggambarkan gol ini, ditonton saja sendiri dan kagum sendiri. David Beckham saja kagum kok sampai ngepost di Instagram ini

Mungkin kalau Messi yang mengatakan akan mendaratkan UFO di Monas bukan Lia Eden, orang-orang akan lebih mempercayainya, karena dia seems likely, from other planet.

2. Tiki Taka yang kembali

Seperti banyak penggemar sepakbola tahu, salah satu kunci keberhasilan Luis Enrique dalam melatih Barcelona musim ini adalah karena dia tidak lagi menggunakan Tiki Taka sebagai strategi utama, tapi ya bukan berarti Tiki Taka tidak digunakan lagi ya, buktinya kita bisa melihatnya pada gol ke-2 kemenangan Barcelona di final Copa del Rey 2015 ini. Nih lihat deh…

Walau, 3 dari 4 pemain yang terlibat dalam gol “tiki taka” tersebut, bukan jebolan akademi La Masia, tapi ya karena mereka bermain untuk Barcelona, tradisi bermain ala-ala Barcelona pasti mereka bisa anut. Istilah kata, orang batak juga kalau tinggal di Bandung biasanya langsung pada bisa ngomong logat sunda.

3. Luar biasa “Trio M-S-N”

Gol ke-3 Barcelona pada partai ini yang dicetak oleh Lionel Messi, bisa dibilang paling “biasa” lah jika dibanding gol-gol sebelumnya. Bahkan gw tak akan memperlihatkan videonya disini, karena bisa kalian lihat saja di cuplikan gol-gol yang sudah gw share di awal tulisan. Gol mudah seperti ini bagi Messi itu seperti lay-up bagi LeBron James atau Skak Mat yang dilakukan oleh Gary Kasparov saat tanding catur lawan… Gw.

Yang spesial dari gol yang dicetak oleh Messi ini adalah karena gol ini menjadikan Trio M-S-N (Messi – Suarez – Neymar) menjadi tridente tersubur dalam satu musim yang pernah bermain untuk Barcelona, karena ini adalah gol ke-120 mereka bertiga musim ini. Dan ini pun, belum termasuk partai Final Liga Champion yang baru akan mereka jalani beberapa hari lagi ya. Hasil ini mengalahkan rekor sebelumnya yang dibuat trio Eto’o – Messi – Henry di musim 2008/2009 yang “hanya” membuat 100 gol. Bahkan untuk ukuran Liga Spanyol rekor ini mengalahkan torehan trio Real Madrid di musim 2011/2012 Ronaldo – Benzema – Higuain yang mencetak 118 gol.

Maka tak salah dong kalau kita kasih applause untuk mereka, luar biasa Trio M-S-N !

trio msn

4. Iñaki Williams Dannis

Gol ke-4 di pertandingan ini yang juga merupakan gol satu-satunya yang diciptakan oleh Athletic Bilbao, juga berkesan, at least buat gw. Pada saat gw menonton pertandingan ini semalam, gw agak terkejut karena melihat ada sosok pemuda kulit hitam di Athletic Bilbao. Sebelumnya, dalam hal ini gw tak bermaksud SARA dan harus ditekankan disini bahwa keterkejutan gw ini lebih karena gw yang sudah kurang update dengan sepakbola Liga Spanyol. Jadi, gw dan pasti banyak dari kalian mengetahui kala Athletic Bilbao ini adalah klub sepakbola yang unik, karena di tengah globalisasi sepak bola yang sudah luar biasa, klub ini masih memegang teguh tradisinya yaitu hanya menggunakan pemain asli Basque untuk bermain di klubnya, bahkan kalau ada pemain non-Spanyol yang ingin bermain di klub tersebut, dia juga harus orang Basque. Dan tradisi ini pula lah yang membuat gw memiliki kekaguman tersendiri pada klub ini.

Maka, saat gw melihat ada orang hitam yang bermain di Bilbao gw bertanya-tanya,

“Apakah mungkin ada orang berkulit hitam yang merupakan warga Basque ?”

atau “Apakah klub Basque ini mulai meninggalkan tradisinya ?”

Lalu saat gw bertanya-tanya tersebut, gw teringat jingle iklan Yellow Pages yang berbunyi “Cari dulu dengan jarimu”. Maka saat istirahat babak pertama, gw putuskan untuk memainkan jari-jari gw untuk meng-google orang ini, dan didapatlah, ternyata pemuda ini bernama Iñaki Williams Dannis (Namanya sih Basque banget ya, ‘Iñaki’), dia ini memang kelahiran Basque dari orang tua yang berasal dari Ghana (Ayah) dan Liberia (Ibu). Jadi ya, dia bisa dikatakan memang orang Basque, maka Athletic Bilbao tidak melanggar tradisinya, dan sebagai informasi tambahan ternyata dia bukanlah pemain kulit hitam pertama yang bermain untuk Athletic Bilbao, karena sebelumnya sudah pernah ada pemain bernama Ramalho , pemain muda juga. Akan tetapi, dari wikipedia gw mengetahui kalau Iñaki Williams Dannis ini adalah orang kulit hitam pertama yang mencetak gol bagi Athletic Bilbao. Keren !

Nah, kembali ke partai final Copa del Rey 2015 semalam, si Iñaki Williams Dannis inilah yang mencetak gol satu-satunya Athletic Bilbao di partai tersebut melalui sundulan kepala. Walau kali ini kalah, gw doakan deh karirnya ke depan membumbung tinggi, apalagi pemain-pemain jebolan Athletic Bilbao banyak yang terkenal hebat. By the way, ini lho fotonya anak ini (di bawah), kalau golnya semalam bisa dilihat di cuplikan gol di atas.

Iñaki Williams Dannis

5. Namanya juga Neymar

Sebelum mulai membahas, gw mau tunjukin cuplikan video Vine ini:

Jadi pada Vine tersebut kita bisa melihat bahwa Neymar sedang melakukan dribble akrobatik untuk melewati pemain Athletic Bilbao, hal ini dia lakukan di menit-85 dan di ujung video walau sekilas bisa dilihat kalau pemain-pemain Athletic Bilbao marah atas perilaku Neymar tersebut. Gw tidak pernah bermain sepakbola secara profesional atau semi-profesional sekalipun, jadi gw jujur kurang paham apakah secara etika hal yang dilakukan Neymar itu tidak benar atau semacam menyepelekan lawan yang memang secara skor sudah dalam kondisi tertinggal. Jadi posisi gw untuk hal ini berada di tengah-tengah saja, yaitu gw memahami perasaan pemain Athletic Bilbao, tapi gw juga merasa yang dilakukan Neymar hanya sebagai trik bagian dari permainan dia aja atau kalau kata si Neymar langsung “Itu gaya main gw, dan gw tak akan merubahnya karena orang marah”.

Di olahraga lain seperti basket NBA misalnya, pemain dari tim yang sudah unggul jauh dari lawannya juga biasanya suka melakukan trik-trik tertentu seperti slam dunk rumit atau passing tanpa melihat misalnya. Dan bicara soal etika di pertandingan olahraga profesional memang garis pembatasnya membingungkan, jadi selama yang dilakukan tidak melanggar peraturan olahraga, melanggar nilai sportivitas apalagi melanggar norma-norma yang berlaku umum (Hukum, Kesusilaan, Moral dll) hal itu bisa diterima tampaknya.

“Loh, yang dilakukan Neymar kan nggak sportif itu ?”

Entahlah, bagi gw tak sportif itu, seperti doping, sengaja cederai lawan dengan kasar, mengintimidasi lawan dengan cara tak wajar, atau se-simple tidak membuang bola saat ada pemain lawan tergeletak cidera. Yang dilakukan Neymar hanyalah melakukan trik dribble, hal itu bahkan tidak separah diving di kotak penalti bahkan menurut gw ataupun memperlambat waktu dengan pura-pura cedera atau membawa bola ke sudut corner kick. Tapi sekali lagi, gw mungkin tidak begitu paham betul soal etika yang harus dilakukan oleh pemain saat pertandingan.

Lagipula, jika pemain Bilbao mau marah dengan dribble pemain Barcelona di partai final Copa del Rey 2015 ini, hal itu harusnya bukan dribble akrobatik si Neymar ini tapi dribble sensasional-nya Messi waktu mencetak gol pertama. Itu lebih parah sih daripada dribble nya Neymar, om-om di Bilbao.

6. Dani Alves atau Upin ?

“ADA APA DENGAN RAMBUT DANI ALVES ?”

Hal yang aneh melihat rambut Dani Alves pada partai ini, entah apa maksud dari rambut yang tampak seperti memindahkan bulu ketek ke kepala. Menyambung dari bahasan sebelum ini, harusnya kalau pemain Athletic Bilbao mau marah-marah, jangan sama dribble nya Neymar tapi sama Dani Alves atas gaya rambutnya. Gaya rambutnya sungguh bisa membuat pemain lawan tidak konsentrasi ke pertandingan, dan asal tahu saja semua gol Barcelona semalam berawal dari sisi kanan Barcelona lho, sisi area jelajah Dani Alves. Kebetulan ? I don’t think so.

Kalaupun ada yang senang dengan gaya rambut Dani Alves itu, mungkin hanya si Upin, karena senang bahwa gaya rambutnya menginspirasi seorang bintang sepakbola dunia.

Betul kan Upin ? Betul, betul, betul.

dani alves upin

Mana yang Dani Alves, mana yang Upin ?


Semua gambar diambil melalui search di google dan akun twitter FC Barcelona & artikel blog ini hanya postingan pribadi, juga pendapat pribadi tanpa bermaksud menyerang siapapun dan tidak di komersilkan. Selamat membaca.

Support Machine :)

Ditulis dalam Komedi Sekitar, Menulis Olahraga, Sepakbola

Tinggalkan Balasan

Tanggalan
Mei 2015
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

